Pages

About Me

Foto Saya
habibi. setiaKU.COM
pamekasan, jawa timur, Indonesia
smk negeri 2 pamekasan,jurusan TKJ (TEHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN)
Lihat profil lengkapku

Selasa, 26 April 2011

perawatan power supply dan cara mengecek power supply

Merawat Power Supply




  •  

    Power supply berfungsi untuk merubah arus tegangan listrik bolak-balik (AC), menjadi searah (DC). Dengan fungsi tersebut maka arus tegangan listrik yang tadinya arus kuat berubah menjadi arus kecil.

    Untuk merawat Power supply lakukanlah perawatan secara rutin, langkah – langkahnya :
    1 .Gunakanlah stabilizer, untuk menahan saat tegangan listrik mati, arus kuat (listrik) yang datang tiba-tiba dating, hal-hal semacam ini dapat dihindari dengan menggunakan stabilizier. Sebab fungsi dasar sebuah stabilizer adalah menahan shock electricit.




  • 2. Menggunakan perangkat tambahan pada komputer yang menguras pasokan sumber listrik. Maksudnya adalah, memberikan beban baru terhadap tegangan listrik yang harus dihadirkan pada mesin komputasi.

    3. Membersihkan debu atau kotoran yang masuk kedalam casing power supply.Debu-debu yang terkumpul dapat menghambat sirkulasi tegangan listrik dan udara. Gunakanlah sikat halus (alat pembersih) untuk membersihkan debu-debu tersebut. Karena, bagaimana pun juga komponen-komponen yang ada dalam mainboard komputer mempunyai sifat yang sangat sensitif.

    Demikianlah perawatan yang bisa dilakukan secara umum yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan terhadap Power Supply.


    cara mengecek power supplay

    Service komputer
    Mau tanya service komputer : Bagaimana caranya mengecek Power Supply yang bagus
    jawab : tips mengecek power supply
    1. cek kabel power menggunakan multimeter, next….
    2. cek pin yang kaki 3 dibelakang, yakinkan connector yang terpasag betul-betul fix, yakinkan dengan menggunakan multimeter…. kalau sudah ok…. next
    3. cek adaptornya, biasanya dirangkaiannya ada komponen yang rusak. dicek dulu siapa tahu ada yang gosong/hangus… ok…. next
    4. dicek pake multimeter disetiap kabel keluaran kalau tidak ada voltase, berarti diseputaran kabelnya ada yang putus…..
    semoga bisa membantu

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Blogger news

    Blogroll

    About